SEJARAH INTERNET

Rabu, 06 Februari 2013

SEJARAH INTERNET

1.    Pengenalan Internet

Internet dapat terjemahkan secara sederhana yaitu sebagai International Network. Istilah tersebut bahwa internet adalah semacam jaringan yang mampu menghubungkan kita dengan jaringan informasi dunia dan masyarakat global.
Internet pun juga bisa menggantikan teknologi seperti telepon, surat kabar, televise dan radio atau sama halnya dengan teknologi tersebut. Dibandingkan dengan teknologi tersebut Internet dimana halnya ia mampu meliputi semua teknologi-teknologi semacam itu. Didalam internet semua bisa di akses bagaimana pun seperti percakapan telepon isa dilakukan melalui jarak internet, menonton cuplikan film, musik, radio dll.
Internet pun dapat menjamin kebebasan para pengaksesnya untuk memanfaatkan informasi sebanyak yang ia mau menurut seleranya sendiri.


SEJARAH

Internet merupakan jaringan komputer yang dientuk oleh Dapertemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang di sebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), mereka mendemonstrasikan bagaiman dengan Hardwere dan Softwere komputer yang berbasis UNIX dan kita dapat berkomunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET dapat merancang bentuk jaringan kehandalan, sebesar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol)
Tujuan dibentuknya proyek tersebut adalah untuk keperluan militer. Departemen Pertahanan Amerika Serikat membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer didaerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Reseacrh Institute, University of California, San Barbara, University of Utah, mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972 tidak lama kemudian proyek ini berkembang sangat pesat. Hampir semua negara ingin bergabung, sehingga ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh sebab itu ARPANET di pecah menjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" untuk keperluan non-militer. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.
Daftar kejadian penting   : 
  •  Tahun 1957 Uni Soviet (sekarang Rusia) meluncurkan wahana luar angkasa, Sputnik.
  •  Tahun 1971 Anggota jaringan ARPANET bertambah 23 buah node komputer, yang terdiri atas komputer-komputer untuk riset milik pemerintah Amerika Serikat dan Universitas. Dll
 

1 komentar:

Wastra Sofia mengatakan...

Entri 1 sudah Masuk...!

Posting Komentar